Manfaat memakai hijab

Manfaat memakai hijab

Mentaati Perintah Agama
Berjilbab merupakan suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT sebagaimana dalam Al Qur’an Surat An Nur: 31, Al Ahzab: 53 dan Al Ahzab: 59. Ketika wanita memakai jilbab tentu akan dicatat sebagai amal kebaikan, sebaliknya menanggalkan jilbab akan dicatat sebagai suatu perbuatan dosa.
Menutupi Aurat
Menutup aurat merupakan tujuan berhijab. Wanita shalihah sebagai perhiasan dunia harus dijaga dengan sangat baik, jangan sampai diumbar atau diobral murah. Islam sebagai agama yang sempurna telah memberikan arahan dalam menjaga perhiasan dunia. Aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Aurat wanita tidak boleh dilihat oleh orang yang bukan mahram. Adapun mengenai siapa mahram anda dapat dilihat dalam Surat An Nur: 31
Sebagai Identitas Seorang Muslimah
Islam telah memberikan identitas kepada muslim dan muslimah. Bagi seorang muslim disunnahkan mencukur kumis dan memanjangkan jenggot untuk membedakan dengan kaum Yahudi. Sementara bagi muslimah, jilbab dapat bermanfaat sebagai identitas bahwa dia adalah seorang muslimah. Identitas ini tentu sangat berguna manakala terjadi sesuatu dengannya. Tentu seseorang akan memperlakukan dengan lebih hormat orang yang berkerudung dengan yang tidak berkerudung.
Terhindar dari Godaan Untuk Bersikap Centil dan Tidak Sopan
Wanita muslimah yang berjilbab akan berpikir panjang untuk bersifat centil atau tidak sopan karena beban moral yang ia emban. Bagi muslimah yang serius dalam menggunakan jilbab, bisa dipastikan perbuatan ini semaksimal mungkin dihindari.
Laki-laki Akan Segan Menggoda Anda
Asbabun nuzul atau sebab turunnya Surat Al Ahzab: 59 adalah pada masa itu banyak laki-laki fasik (orang yang suka berbuat dosa) mengganggu para wanita. Percaya atau tidak ini adalah manfaat mengenakan jilbab yang tidak disadari. Kalau kita melihat kondisi dilapangan saat ini, hal ini terbukti bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perempuan yang menggunakan jilbab. 
Mencegah Sengatan Sinar Matahari
Sinar matahari yang terik akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala yang mungkin berdampak serius bagi anda. Dengan mengenakan kerudung maka anda akan terlindungi dari masalah tersebut yang artinya tidak perlu menggunakan penutup kepala tambahan lagi. Inilah manfaat memakai hijab terhadap panas dan bahaya sinar UV.

Share:

0 komentar